Polres Magelang Kota ungkap pencurian dengan modus ganjal ATM

img-20161024-wa018img-20161024-wa016Polresmagelangkota.com – Kasubbag Humas Polres Magelang kota Jawa Tengah AKP Esti Wardiani dengan di damping Paur Humas Aiptu Gatot laksankan release pers ungkap kasus pelaku pencurian dengan modus menggajal ATM, Senin (24/10/2016).
Berawal pada hari Rabu (14/09/2016) pukul 13.00 wib saat tersangka AF als SIAF (35) warga Petamburan Jakarta Barat mencari mesin ATM sebgai sarana melancarkan aksinya. Sesaat setelah melintas di depan minimarket Indomaret di Jalan Ahmad Yani Kota Magelang tepatnya di samping Pom Bensin Menowo, tersangka berhenti dan langsung mendekat serta mengawasi sebuah mesin ATM BRI.
Setelah di rasa aman tersangka kemudian mengganjal lubang kartu dengan potongan kayu batang korek api kemudian keluar lagi sambil menunggu dan mengawasi sasaran. Setelah menunggu beberapa saat datanglah korban AS (38) warga Secang Magelang,namun setelah memasukan kartu ATM ternyata tidak bias berfungsi. Pada saat itulah tersangka yang sudah menunggu berdiri di sebelah korban berpura pura-pura memilih barang dan menawarkan bantuan, dengan cara menyuruh korban menekan Nomor PINnya yang kemudian di hapalkan tersangka. Tersangka kemudian menyarankan korban untuk segera melaporkan ke BRI karena kartu ATMnya tertelan.
Setelah korban keluar dan melaporkan kejadian tersebut, tersangka memasukkan Kartu ATM yang telah dipersiapkan untuk mendorong ganjal korek api dan kartu ATM korban supaya bisa keluar dari lubang kartu ATM dan mesin tersebut langsung error. Tersangka kemudian mengecek ke mesin ATM BRI lainnya dengan kartu dan Nomor PIN Korban yang sudah di hapal, ternyata terdapat saldo Rp 24 Juta Rupiah. Dengan cepat tersangka menarik tunai uang yang masih ada di saldo ATM korban sebesar Rp. 23. 419.000 ( dua puluh tiga juta empat ratus sembilan belas ribu rupiah ).
Setelah dua hari korban akan menarik tunai uang di BRI namun betapa terkejutnya karena saldo di dalam rekeningnya telah habis. Karena Korban mersa belum mengambil uang tersebut dengan cepat korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Magelang Kota.
Atas kejadian tersebut Polres Magelang Kota kemudian melakukan olah TKP dan mengumpulkan bukti-bukti serta keterangan saksi.
Setelah menjadi buron hampir satu bulan tersangka dapat di tangkap pada hari Kamis (13/10/2016) pukul 13.00 wib di tempat tinggalnya. Dari tersangka petugas menyita satu unit laptop Lenovo, sepasang sepatu coklat Wienbrener, Sepasang sandal Donatelo, Celana panjang warna Biru yang di beli tersangka dari uang hasil kejahatannya dan disita pula sebuah kartu ATM Bank BTN.
Dari perbuatan cukup bukti tersebut tersangka di jerat dengan pasal 362 KUHP tentang Pencurian yang di pidanakan dengan penjara selama 5 tahun terang Kasubbag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani. (tribratanewsmagelangkota.com)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *